c_300_225_16777215_00_images_Dewi_Nur_WhatsApp_Image_2023-02-16_at_11.12.52_AM.jpeg

Kegiatan Capacity Building Penyusunan Laporan Evaluasi Kinerja Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kaltim Tahun 2023 diadakan di Hotel DoubleTree, Jakarta pada 16 Februari 2023. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang tata cara penyusunan laporan pengendalian inflasi daerah tahunan dan one page summary program unggulan pengendalian inflasi oleh para bagian ekonomi pemprov maupun Kab/kota.


Kegiatan Capacity Building ini dihadiri oleh Kepala Perwakilan BI Kaltim, Bapak Ricky P. Gozali beserta jajaran, Karo Perekonomian Sekda Prov., Bapak Iwan Darmawan beserta jajaran, para asisten perekonomian dan pembangunan kab/kota di Prov. Kaltim serta bagian perekonomian/ sekretariat TPID pada 10 Kab/kota se-Kaltim. 


Kegiatan diisi oleh 3 narasumber dari Provinsi Kaltim, Kemenko Perekonomian, dan DKem. Pada paparan pertama dibahasa mengenai refreshment roadmap TPID 2022-2024 Provinsi Kalimantan Timur oleh Karo Perekonomian Prov., Bapak Iwan Darmawan. Dalam paparannya, Bpk. Iwan menyampaikan bahwa Provinsi Kaltim telah merencanakan dan melaksanakan program pengendalian inflasi berbasis 4K yang nantinya akan terus dilaksanakan agar inflasi di Kaltim dapat terjaga. 


Kegiatan dilanjutkan oleh narasumber yang kedua yaitu, Bpk. Dr. Gunawan Pribadi yang membahas mengenai peran & fungsi TPID serta pengukuran kinerja TPID. Dalam paparannya Dr. Gunawan menyampaikan terkait dengan bagaimana kinerja TPID dinilai oleh pusat melalui dokumen yang dikirim serta kegiatan-kegiatan yang dilakukan.


Narasumber yang terakhir adalah Ibu Dian Prima Susiandri, Deputi Direktur Grup Perumusan Kebijakan DKem. Dalam paparannya, Ibu Dian menjelaskan mengenai kondisi perekonomian global yang dapat mempengaruhi inflasi seperti perang di Ukraina dan Rusia serta status endemi yang menjadi game-changer permintaan domestik. Dalam akhir paparannya Ibu Dian juga menjelaskan lebih detail mengenai inflasi serta pentingnya kestabilan harga.