c_300_225_16777215_00_images_Dewi_Nur_WhatsApp_Image_2023-02-17_at_10.14.14_AM.jpeg

Kegiatan Operasi Pasar Beras Medium oleh Walikota Samarinda yg dihadiri Forkompinda, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltim, Bpk. Hendik Sudaryanto.kegiatan Operasi Pasar Beras Medium oleh Walikota Samarinda yg dihadiri Forkompinda, Deputi Kepala Perwakilan BI Kaltim, Bpk. Hendik Sudaryanto.


Kegiatan operasi pasar Beras Medium murah dilaksanakan di Kantor Kecamatan Samarinda Kota Jl. Arif Rahman Hakim, Kel.Sungai Pinang Luar, Samarinda Kota pada hari Kamis tanggal 16 Februari 2023 pukul 09.30 WITA s/d selesai.


Pada kesempata ini, kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kota Samarinda, Bapak Marnabas dalam laporannya menyampaikan dalam rangka mengantisipasi kenaikan harga beras dalam beberapa waktu terakhir, Pemkot Samarinda melakukan operasi pasar dengan menjual Beras Medium dibawah HET (Harga Eceran Tertinggi) Rp9.950/kg yaitu hanya dengan harga Rp8.600/kg dalam kemasan 5 kg dengan harga Rp43.000. Total jumlah beras sebanyak 120 ton yang diserahkan kepada seluruh kelurahan yakni 59 Kelurahan di Samarinda. Harga dijual dibawah HET dikarenakan adanya subsidi ongkos angkut oleh Pemkot Samarinda.

Selain itu secara rutin Mobil Pengendali Inflasi dari Disdag melaksanakan operasi pasar dengan komoditas Beras Medium, Gula, Minyak Goreng dan Telur.


Walikota Samarinda, Bapak Andi Harun dalam sambutannya menyampaikan hasil koordinasi dengan Forkompinda untuk pengendalian inflasi perlunya dilakukan Operasi Pasar. Pada tahap pertama untuk komoditas Beras, dijualnya beras Medium dengan harga modal yang dibawah HET kemudian akan dilaksanakan kembali operasi pasar untuk komoditas Minyak Goreng dan Ikan Layang. Pemkot Samarinda akan berusaha hadir melakukan operasi pasar apabila terdapat komoditas pangan mulai naik harganya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota kepada Pers menyampaikan bahwa pemerintah Kota Samarinda melalui TPID akan menjaga stabiltas harga di Kota Samarinda dengan melakukan operasi Pasar sehingga memberikan ekspektasi positif kepada masyarakat utk pengendalian inflasi.


Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan Beras Medium kepada warga secara simbolis oleh Walikota serta Forkompinda.